6 Persiapan Liburan Dengan Kapal

4 Maret 2024


1. Sebaiknya pesan tiket kapal dengan waktu yang cukup jauh sebelum tanggal keberangkatan, minimal satu bulan sebelumnya. Ini akan memungkinkan Anda untuk memilih jadwal, jenis kapal, dan harga tiket sesuai dengan rencana perjalanan Anda. Selain itu, dengan memesan lebih awal, Anda akan memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan kursi yang nyaman karena kapasitas penumpang terbatas.

2. Pastikan untuk memeriksa jadwal keberangkatan kapal dan membandingkan harga tiket dari beberapa operator laut sebelum melakukan pemesanan. Pilihlah operator dan jadwal keberangkatan yang sesuai dengan waktu dan anggaran Anda. Biasanya, operator ternama seperti Pelni atau Dharma Lautan membuka pemesanan tiket hingga 6 bulan sebelum tanggal keberangkatan, terutama menjelang musim liburan.

3. Kenali fasilitas yang ditawarkan oleh kapal dan sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Ada berbagai jenis kapal mulai dari ekonomi, bisnis, hingga kelas VIP dan kapal pesiar mewah dengan fasilitas seperti restoran, karaoke, dan kolam renang. Pastikan untuk memilih sesuai dengan ekspektasi kenyamanan Anda selama perjalanan.

4. Saat memesan tiket, pilihlah tempat duduk atau kamar tidur yang strategis sesuai dengan preferensi Anda. Misalnya, pilih tempat yang dekat dengan pintu keluar jika Anda rentan mabuk laut atau dekat dengan fasilitas toilet. Jika Anda memiliki kebutuhan khusus seperti lansia, penyandang disabilitas, atau balita, pastikan untuk memilih tempat yang sesuai dengan kebutuhan mereka seperti tempat duduk yang lebih luas atau fasilitas penunjang lainnya.

5. Persiapkan bekal makanan atau cemilan ringan yang cukup untuk perjalanan di tas Anda. Ini akan berguna jika Anda merasa lapar atau haus namun tidak menyukai makanan atau minuman yang dijual di kapal. Pastikan untuk memastikan asupan nutrisi yang cukup agar tetap bugar selama perjalanan.

6. Usahakan untuk datang lebih awal ke pelabuhan, minimal 2-3 jam sebelum jadwal keberangkatan. Ini akan membantu Anda menghindari keterlambatan akibat antrean panjang, kemacetan lalu lintas, atau hal-hal tak terduga lainnya. Dengan datang lebih awal, Anda juga akan memiliki waktu yang cukup untuk melakukan check-in, memuat barang, dan naik ke kapal tanpa terburu-buru.

Artikel ini telah tayang di Torch.id dengan judul "10 Tips Mudik Lebaran 2024 Naik Kapal yang Asik dan Nyaman", klik selengkapnya di sini : https://torch.id/blogs/news-and-updates/tips-mudik-lebaran-naik-kapal